Friday, August 17, 2012

KERONI

KERONI
Karya: Imaniar yordan christy


Adegan 1:
Dipinggir jalan,grombolan lelaki mabuk-mabukan
Qirun : tambah lagi minumnya! Sampai pagi kita pesta!
Parno: asikkk bosss lanjut teruusssss....
Qirun : din,ayo tambah lagi!
Udin : udah-udah bos,cukup. Masih sore ini bos,masih banyak orang lewat. Gak enak sama orang – orang kampung,kita minum-minum disini
.
Qirun : alah,bencong lu! Peduli setan sama orang-orang kampung! Berani macem-macem gue sikat mereka! Udah,mau minum apa minta gue tonjok!
Udin : (minum dengan terpaksa)
Qirun : gitu dong! ayo minum lagiii!

Masuk seorang gadis terbelakang mental bermain boneka..
mamed : (melihat gadis itu) hei minah! Pergi dari sini! Jelek-jelekin pemandangan aja!pergi-pergi!! Sana maen dipojokan aja!
Kardi: goblok lu med! Anak nggak waras gitu mana ngerti bahasa lu! Mau lu marah-marah kaya apa juga tu anak tetep gak bakal ngerti!
Qirun : hasshhh!!!!berisik!!!! biarin aja dia disitu! Nggak usah diurusin!
Parno : tapi kalau dilihat-lihat si minah cantik juga. Badannya bagus,mulus. Uhft,Sayang otaknya gak lengkap. Hahaha
Qirun : lu bener juga No, lumayan gadis idiot ini. Masih rapet lagi. Pasti enak buat makan malam gue.
Udin: bos mau ngerjain si minah? Jangan bos,kasihan. kata orang, anak kaya si minah itu,ada roh halus yang jagain lho bos.ntar malah bos kenapa-kenapa lagi.
Qirun : ahhh!!banyak omong lu din!! Mamed,Parno bantuin gue nyeret si minah! Kalian berdua jaga dipojokan jalan ! jangan sampai ada orang lewat sini!
Minah diseret kebelakang,meronta-ronta (siluet pemerkosaan)
Adegan 2:
Rumah minah. Minah yang tengah mengandung dikrangkeng dipojokan rumah.
Minah : (menggeram dan meronta-ronta)
Simbok : (dari balik panggung) ada apa Nah?? Sabar bentar,simbok lagi nyiapin kamu makan.
Minah :(terus meraung-raung)
Simbok : (keluar) nah, ini lho makanan kamu..makan dulu ya Nah... (menyuapi minah)
Minah : (sedikit tenang,menerima suapan)
Simbok : pinter cah ayu... makan lagi yang banyak ya, sebentar lagi anakmu keluar. Ini ayo makan lagi (kembali menyuapkan makanan)
Minah: (meronta-ronta,menyenggol piring,makanan terjatuh semua)
Simbok: astagfirullah,minah kok makanannya dibuang.. ya sudah,simbok buatkan lagi ya.. ( membersihkan makanan, hendak berjalan ke belakang)

Suara  tamu wanita dari luar
Simbok : sebentar, (mempersilahkan tamu masuk)
Simbok : oalah surti,ada apa Ti? Ayo duduk Ti.
Surti : ini lho mbok saya nganterin makanan.
Simbok : kok repot-repot to Ti, duduk dulu.simbok buatkan minum dulu ya.
Surti : (duduk) nggak usah mbok. Saya sebentar aja kok mbok.
Simbok : (duduk) ya sudah, suamimu dirumah Ti?
Surti : enggak mbok,kang pardi pergi mancing sama kang dimin. Gimana si minah mbok?
Simbok: seperti biasa Ti, masih suka marah-marah sendiri. Tu,kandungannya udah gede,sebentar lagi lahiran.
Surti : sabar ya mbok. Eh Mbok,memangnya belum ketangkep ya orang yang buntingin si minah?
Simbok: ya sudah dicari-cari sur,tapi gimana minah ditanya kan juga nggak bisa. Tapi kata karjo, yang bikin minah jadi kaya gitu itu laki-laki yang suka duduk-duduk di pinggir jalan itu.
Surti : ooo,grombolannya si kirun itu ya mbok? Kurang ajar!kenapa nggak ditangkep aja mbok,suruh tanggung jawab!
Simbok : tapi ya nggak bisa asal maen tangkep gitu Ti,belum ada bukti. Ya biar karjo cari bukti-buktinya dulu. Nanti  baru bisa nangkep yang buntingin si minah.

Terdengar suara tamu lelaki dari luar
Tamu: mbok... mbokk...
Surti : ada tamu mbok,biar saya saja yang bukain pintu ya mbok
Simbok : iya Ti
Surti : (membukakan pintu) silahkan masuk pak
Tamu : (berjalan kesakitan)
Simbok : mangga...mangga..pak... duduk disini. Pelan-pelan pak...
tamu : ini mbok, saya mau pijet.
Simbok : oo mau pijet to,lha kenapa to pak?
Tamu : kecetit ting boyok mbok.
Simbok : oalah, ya sudah gampang,saya pijit bentar juga sembuh. Sudah,bapak ganti pakai sarung dulu disana. Terus tiduran.
Tamu : (berjalan ke kamar)
Surti : itu langganannya si mbok pijit ya?
Simbok : bukan, baru sekali ini datang kesini
Surti : ooo,mbok biar saya disini dulu ya. Di rumah sepi nggak ada orang.
Simbok : iya Ti,boleh. Tapi simbok tinggal mijit ya. Kalau haus,bikin minum sendiri dibelakang
Surti: iya mbok.gampang
Simbok : pak sudah apa belum?
Tamu :sudah apa mbok?
Simbok : pakek sarungnya,pak?
Tamu : bentar mbok,susah nyopot celananya
Simbok : sudah?
Tamu : bentar. Simbok nafsunan banget ya...
Simbok : mau jadi saya pijitin nggak pak?
Tamu : iya mbok.. ini sudah siap
Simbok : saya buka ya kordennya (naik perlahan-lahan ke kasur)
Tamu : (menjerit) aduh sakit mbok,sakit
Simbok : belum diapa-apain kok sudah jerit-jerit.
Tamu : kaki saya jangan diinjak mbok. Sakit.
Simbok : maaf pak,nggak sengaja. Saya mulai pijit ya pak. Kalau sakit teriak aja nggak papa. (memijit)
Tamu: (menikmati pijitan) eh mbok, kok itu ada cewek dikrangkeng? Siapa? Anak simbok?
Simbok : ia pak,anak mbok. Sebenarnya mbok juga nggak tega ngrangkeng dia. Tapi kalau nggak dibegitukan dia ngamuk,mecahin barang-barang,kluyuran,bikin takut anak-anak tetangga. Simbok kan sudah tua pak,jadi nggak bisa kalau harus mondar-mandir jagain dia
Tamu : maaf mbok,tapi kelihatnnya lagi hamil ya mbok.. suaminya dimana?
Simbok : (terdiam)
Tamu : lho mbok,kok diem, udah selesai ini mijitnya? Tapi..ya emang rasanya udah enakan sih mbok.
Simbok: bapak tanya gitu,saya jadi teringat soal lelaki yang bikin hamil anak saya.
Surti : itu lho pak grombolan yang biasanya suka mabuk-mabukan dijalan masuk kampung ini.
Tamu : ooo,mereka itu terkenal suka mencuri di kampung saya mbak. Jadi dia yang buntingin anaknya mbok ini? Tapi,gimana ceritanya mbok sampai kaya gitu?
Simbok : ya mungkin memang sudah nasib saya pak, sudah seorang diri mbesarin si minah yang dari kecil terbelakang mental,sekarang malah mau punya cucu yang nggak ada bapaknya. Waktu malam kejadian si minah diperkosa,saya pas lagi mijit tamu juga. Minah pergi main diluar rumah..eh tau-tau ada orang dateng nganterin si minah yang udah telanjang nggak karu-karuan ke rumah.. kata mereka,minah diperkosa (menangis)
Surti : sabar mbok... sabar...
Tamu : maaf lho mbok,saya malah jadi bikin simbok nangis
Simbok : nggak papa pak, sudah memang ini nasib saya. Saya iklas
Tamu : lha kok nggak digugurkan saja? Wong tidak ada bapaknya. Apalagi keadaan ibunya seperti itu
Simbok : oalah pak, anak itu titipan gusti. Punya nyawa, nggak bisa seenaknya main bunuh saja. Apalagi bayi itu tidak berdosa,masih suci. Saya mau besarin cucu saya sekuat tenaga saya pak..
Tamu : wah,simbok ini memang hebat.
Simbok : pak ini pijitnya sudah selesai. Bapak bisa pakai pakaian lagi. Sarungnya nanti ditaruh kasur ini lagi saja. (keluar dari kamar pijat)
Tamu: sudah enak mbok,saya pulang dulu,ini uang buat simbok. Makasih ya mbok. Permisi

Karjo dari luar memanggil-manggil,masuk ke dalam
Karjo : mbok...mbokkk.. yang merkosa minah sudah ketemu mbok. Benar si kirun. Tadi si udin temannya kirun  sudah saya tangkap terus saya hajar sampai dia ngaku. Ternyata memang kirun yang merkosa minah.
Simbok : oalah gusti.... kirun....
Karjo : ini saya dan warga mau nangkep si kirun dirumahnya. Saya bawa ksini biar dia tanggung jawab atas perbuatannya pada si minah. Kalau dia nggak mau,biar kita bakar hidup hidup bajingan tengik itu. Saya permisi dulu mbok
Simbok : hati-hati Jo.

Minah meronta-ronta kesakitan
Simbok : (melihat minah) ti surti, minah mau lahiran. Air ketubannya udah pecah. Cepet kamu panggil dukun bayi,suruh ksini!
Surti : baik mbok.. (berlari keluar)

Adegan 3:
(siluet minah melahirkan)
Masuk karjo bersama bersama beberapa orang membawa kirun

Karjo: mbok,ini kirun sudah saya tangkap. Dia mau tanggung jawab,dan menikahi si minah
Kirun : (menghampiri simbok,bersujud) maafkan saya mbok,saya akan tanggung jawab atas perbuatan saya.
Simbok : ya sudah,yang penting kamu disini sekarang. Minah melahirkan. Kita berdoa sama-sama
 Terdengar suara tangis bayi
Semua : alhamdulillah

Dukun bayi keluar menggedong bayi.
Dukun: anaknya selamat,perempuan. Tapi maaf, sudah kehendak gusti,ibunya meninggal
Simbok : (terkejut menjerit) minahhh....minahhhh....ya allah minah...
Kirun: (menggendong bayinya)

Semua tablo

Kirun : anakku,ibumu sudah tak ada nak,tapi bapak akan membesarkanmu. Kau cantik nak,tapi tak punya kelopak mata. Matamu begitu bulat.. yang kanan memandang keatas,yang kiri ke bawah..Keatas menatap langit,kebawah menatap bumi. Kau harus selau melihat langit.disana ada tuhan dan ibumu yang menyayangimu. Kau juga harus melihat bumi,harus ingat dimana kamu berpijak,jangan menjadi orang yang tak berguna seperti bapakmu ini. Bapak namakan kau KERONI.

Sayup- sayup terdengar nyanyian tak lelo-lelo ledung...
                                                                                Semarang,27 september 2011




No comments:

Post a Comment